Pemerintah Desa Narmada menyalurkan bantuan langsung tunai BLT DD termin 2

  • Jun 10, 2024
  • Desa Narmada Lombok Barat

Desa Narmada, yang terletak di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, melaksanakan amanah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Desa Dan pertauran menteri desa PDTT no 7 tahun 2023 tentng prioritas Penggunaan dana desa tahun 2024. Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang pemdes Narmada lakukan untuk membantu warga miskin ekstrim. Dengan memanfaatkan dana desa, pemerintah desa telah berhasil memberikan bantuan kepada mereka yang paling membutuhkan.

Bantuan ini disalurkan sebagai respons atas dampak ekonomi yang diperparah oleh pasca pandemi global yang melanda, banyak keluarga di wilayah ini mengalami kesulitan ekonomi yang serius. Bantuan ini diharapkan dapat memberikan bantuan langsung kepada mereka yang terdampak paling keras.

Kepala Desa Narmada, Bapak Subayanto, S.PD menyatakan, "Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa bantuan ini sampai kepada mereka yang membutuhkannya dengan cepat dan efisien. Melalui koordinasi dengan pihak terkait dan pendekatan yang inklusif, kami berupaya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat kami." Pemerintaj desa Narmada menyerahkan BLT Miskin Ekstrim kepada 24 KPM priode triwulan kedua dengn jumlah yg diterima Rp 300.000/KPM sertiap bulannya. 

Pendamping desa, Ainani Tajriani menambahkan, "Kami telah bekerja sama dengan pemerintah desa dalam melakukan pendataan dan verifikasi penerima bantuan. Proses ini dilakukan dengan cermat untuk memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran dan benar-benar diterima oleh mereka yang membutuhkan melalui tahapan dan prosedur yang telah di tetapkam."

Proses penyaluran bantuan ini melalui tahap seleksi yang ketat untuk memastikan bahwa bantuan tersebut benar-benar diterima oleh warga yang membutuhkan. Pendekatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa bantuan tersebut tidak hanya mencapai mereka yang membutuhkan, tetapi juga memberikan dampak yang signifikan dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Warga desa Narmada menyambut baik inisiatif ini dan berharap bahwa bantuan ini dapat membantu mereka melewati masa sulit ini. Mereka juga berterima kasih kepada pemerintah desa atas upaya yang dilakukan untuk membantu mereka dalam menghadapi tantangan ekonomi yang mereka hadapi.

Dengan upaya seperti ini, diharapkan bahwa bantuan langsung tunai dari dana desa ini dapat menjadi salah satu langkah awal dalam membangun ketahanan ekonomi masyarakat desa Narmada, serta memberikan inspirasi bagi desa-desa lainnya untuk mengadopsi pendekatan serupa dalam mengatasi tantangan ekonomi di masa yang akan datang.